Monday, April 20, 2020

TEST TOKSO & RUBELLA


30 Nov 2018 • 14w7d

Krn sblm menikah aku blm melakukan pre-marital check up, di usia kehamilan 14 weeks dokter ngasi aku rekomendasi untuk melakukan sejumlah test lab, dua diantaranya yg aku sering dgr berbahaya untuk ibu hamil adalah Toxoplasma dan Rubella.


TOXOPLASMA adalah infeksi yg disebabkan oleh parasit Toxoplasma Gondii, yaitu parasit yg ditemukan pd kotoran kucing, konsumsi daging yg tdk matang, dan telur mentah.
RUBELLA adalah infeksi yg disebabkan oleh virus Rubella yg sangat mudah menyebar melalui kontak lgsg dgn kontaminasi air liur dari penderita saat batuk, bersin, atau berbagi makanan dan minuman.



Infeksi pada org sehat pada umumnya tergolong infeksi ringan dan dapat pulih sepenuhnya, namun infeksi bagi ibu hamil dapat memberikan dampak yg sangat serius. Infeksi pada kehamilan awal dapat menyebabkan keguguran, atau jika kehamilan terus berlangsung akan menyebabkan bayi cacat lahir, seperti tuli, katarak, gangguan fungsi otak, gangguan saraf, gangguan pertumbuhan, dan kelainan jantung. Melihat bahayanya, sebaiknya test ini dilakukan sedini mungkin agar dapat ditangani secepat mungkin.


Biaya pemeriksaannya terbilang cukup mahal, wkt itu aku test totalnya 2.229.000. 





Untuk hasilnya puji Tuhan IgM dan IgG aku keduanya negatif, artinya aku belum pernah terinfeksi (IgG -) dan tidak sedang terinfeksi (IgM -)


14 Mar 2019 • 29w6d
Waktu liburan di Jepang aku sempet makan daging sapi yg masih merah dan kurang matang. Sepulang dari Jepang aku kepikiran terus dan takut kena Tokso, krn itu aku test Tokso lg untuk kedua kalinya. Puji Tuhan hasilnya ttp negatif 😊

0 comments:

Post a Comment