Wednesday, April 29, 2020

STEP BY STEP MEMANDIKAN BAYI


Tiap hari Nicho itu mandinya cuma 1x lho 😝 pagi mandi, sore cuma diseka aja, soalnya Nicho blm trlalu byk gerak, baru bisa tengkurep, blm kenal main yg kotor-kotor. *pdhl maminya aja yg males 👻

Sebulan pertama Nicho dimandiin sama mamiku krn aku masih takut ngebolak balik badannya. Di RS aku pernah ikut kelas mandiin bayi sih, kelihatannya mah gampang, tp pas udh dirumah mah prakteknya ya gitu deh, wkwkwk, sulit! Tapi setelah lewat sebulan mau ga mau aku mulai mandiin, trnyta bisa juga, walaupun smp skrg aku masih ga bisa bolak balikin badannya di bak mandi 😂 takut kecekek lehernya 😰

Nah jadi klo aku step-stepnya gini :
▪️Siapin air hangat di bak mandi, suhunya 36-37 derajat celcius. Suhunya aku ukur pk termometer digital, tp lama-lama tau segimana hangat yg pas jd ga perlu ukur-ukur lagi. Baby bath tub aku kebetulan ada garis max airnya, aku isi sampe garis itu.
▪️Ambil air hangat segayung, masukin 2 waslap, waslap untuk sabunan dan waslap untuk bilas.
▪️Siapin perlak di kasur + peralatan mandi + babynya
▪️Waslap untuk sabunan dikasi sabun 3 pump, trus gosok-gosok ke badan babynya mulai dari atas ke bawah : wajah, rambut, leher, badan, kaki, terakhir baru area genital.
▪️Bilas sabun pake waslap basah yg untuk bilas, biar ga licin pas angkat babynya ke bak mandi.
▪️Angkat trus bilas baby di bak mandi. Bilas depan dan belakang badannya. Aku ga bisa balikin jadi bilas belakangnya diusap-usap aja gitu.
▪️Handukan.

▪️Pake nappy cream + diaper, lalu pake minyak telon, pake baju, sisiran, selesai ✨







0 comments:

Post a Comment