Saturday, April 11, 2020

MAKANAN YANG HARUS DI PERHATIKAN OLEH IBU HAMIL








Jenis-jenis makanan diatas sangat baik nutrisinya bagi ibu hamil dan janin, tapi kita hrs perhatikan cara pengonsumsiannya (slide pic) krn konsumsi yg salah malah akan berdampak buruk bagi tubuh kita dan bayi dalam kandungan. Kondisi tubuh yg lbh rentan saat hamil membuat bakteri mudah menyerang, diantaranya :



▶️ Salmonella

Tidak membahayakan janin secara lgsg namun dapat membuat ibu hamil mengalami gangguan pencernaan (diare dan muntah-muntah) hingga dehidrasi yang tentunya berbahaya untuk kehamilan.
❗️telur harus matang sepenuhnya




➡️ Listeria

Bakteri yg terdapat di dalam tanah dan air, dan dpt mengontaminasi tanaman dan hewan. Bakteri ini dpt dgn mudah masuk ke dlm plasenta sehingga menyebabkan bayi beresiko lahir prematur, meninggal dlm kandungan, atau keguguran.
❗️sayur, buah, dan daging harus dicuci dgn air bersih yg mengalir




➡️ Toxoplasma

Dapat mengakibatkan keguguran atau bayi meninggal dalam kandungan. Untuk bayi yang lahir setelah terkena infeksi ini dalam kandungan, ada kemungkinan bayi menderita kondisi serius seperti kerusakan otak, gangguan pendengaran, dan gangguan penglihatan pada bayi pada saat atau beberapa bulan atau tahun setelah dilahirkan.
❗️daging harus matang sepenuhnya, minum susu yg telah dipasteurisasi, hindari kotoran kucing




Kesimpulannya, apapun yg kita konsumsi harus BERSIH dan MATANG, terutama untuk daging.

Untuk sayuran klo menurut aku pribadi konsumsi yg ngga matang gapapa (misal salad / lalab), asal sayuran tsb udh dicuci bersih di air mengalir.

0 comments:

Post a Comment