Wednesday, April 22, 2020

SENAM HAMIL



Waktu usia kandungan aku 32 weeks aku mulai ikutan senam hamil di RS Borromeus. Awalnya aku maleesss bgt ikut senam hamil ini krn rumahku jauh, tp sejak menginjak usia kandungan 7 bulan tiap check up suster-susternya selalu nyaranin aku untuk ikut senam hamil, katanya bakalan ngebantu banget buat persalinan nanti. Jadinya aku usahain deh.

Setelah aku cobain sekali, ternyata aku lumayan ketagihan juga 😛. Setiap habis senam badanku lgsg enak dan rileks, mood aku jg jd lbh baik. Sampai skrg aku udh ikutan 3x senam (di 32 weeks, 34 weeks, dan 38 weeks). Gerakan senam yg diajarkan selalu sama di setiap pertemuan, selain itu kita juga diajari teknik pernapasan, teknik mengejan, dan senam kegel, yang bisa kita praktekan dirumah. Di hari-hari tertentu setelah senam akan ada kelas penyuluhan dgn materi yg berbeda setiap kalinya. Sambil penyuluhan berlangsung semua peserta senam disuguhi bubur kacang hijau 😄🍵. Biaya senamnya 37rb per pertemuan.

Ibu hamil yg mau ikutan senam hamil ini usia kandungannya harus udah diatas 28 weeks, tensi dibawah 140, plasenta tdk menutupi jalan lahir, dan tidak ada kontraksi. Ibu hamil sungsang boleh ikutan, tp ada beberapa gerakan tertentu yg ga boleh dilakuin.

0 comments:

Post a Comment