Sunday, April 26, 2020

TIPS GANTI POPOK UNTUK MENCEGAH RUAM POPOK



Popok yg aku bahas disini adalah popok sekali pakai atau diapers ya. Tipsnya adalah :

🔹 Ganti popok segera stlh popok penuh, atau max 4-6 jam
Utamakan melihat kondisi popok, klo penuh lgsg ganti, krn popok yg paling menyerap sekalipun akan meninggalkan kelembaban di kulit bayi. Jgn sayang-sayang popok yah 😁 lebih sayang kulit babynya. Ciri-ciri popok penuh adalah popoknya berat dan indikator pipis warna birunya bs sampe ke blkg (pdhl ga pup).

🔹 Langsung ganti popok jika bayi pup
Urin yg tercampur dgn bakteri dari kotoran bayi akan terurai menjadi amonia, yang akan menimbulkan reaksi keras pada kulit dan menyebabkan iritasi. Biar extra bersih dan wangi bisa juga dicebok pake sedikit sabun bayi.

🔹 Hindari penggunaan tissue basah yg mengandung alkohol
Untuk dirumah lebih baik pake kapas bulat dan air hangat. Klo lg diluar rumah baru deh pake tissue basah biar praktis, tp jgn yg mengandung alkohol. Sebaiknya hindari juga yg mengandung pewangi.

🔹 Keringkan area popok dgn handuk
Bersih dan kering. Itu kunci utama untuk menghindari ruam popok. Mengeringkan area popok dgn handuk lebih baik drpd menggunakan tissue, krn tissue berpotensi meninggalkan residu pada kulit (contoh: sisa potongan tissue, serbuk dari tissue). Aku pake tissue kl lg diluar rumah aja.

🔹 Pakai nappy cream
Gunanya untuk menjaga kulit dari gesekan dgn popok. Klo aku pake Buds Organics Baby Bum Balm tiap ganti popok. Bahannya natural jd ga takut kl dipake setiap hari dan setiap ganti popok 👍🏻. Nappy cream ini beda ya sm salep atau krim ruam popok yg buat menyembuhkan ruam popok. Nappy cream yg aku maksud ini untuk perawatan kulit, dipakai untuk mencegah ruam popok, bukan mengobati.

0 comments:

Post a Comment