Friday, April 24, 2020

LABOR AND DELIVERY STORY PART 2






25 Mei 2019
⏱ 05.13 : Kontraksi mulai terasa ketika labu infus induksi pertama hampir habis. Mules-mules mulai datang dan pergi. Saat mules datang, teknik tarik nafas - buang nafas yg diajarkan saat senam hamil sangat membantu.
⏱ 07.51 : Cek bukaan, mulai naik jadi pembukaan 4.
⏱ 09.04 : Cek denyut nadi untuk proses induksi kedua.
⏱ 09.09 : Infus induksi kedua dipasang (foto ke-2).
⏱ 09.40 : Disuntik untuk pembukaan rahim.
⏱ 09.50 : Cek bukaan, pembukaan 6. Kontraksi mulai sering.
⏱ 10.45 : Disuntik cek alergi antibiotik (foto ke-3).
⏱ 11.00 : Infus antibiotik 200 ml/h.
⏱ 11.15 : Pembukaan 7-8 cm. Mules mulai intens dan semakin lama semakin sakit (foto ke-4).
⏱ 12.45 : Pembukaan 9. Disaat-saat ini aku latihan mengejan dipandu suster sambil nunggu pembukaan sempurna dan nunggu dokternya datang.
⏱ 12.50 : Pembukaan 10 dan siap untuk mengejan.
⏱ 13.00 : Kepala bayi sudah terlihat tp dokter blm datang, jd aku nunggu sebentar. Beberapa menit kemudian dokter datang dan aku lgsg mengejan bbrp kali, ngga lama kemudian si bayi lahir.
⏱ 13.05 : Bayi lahir dgn sehat dan sempurna 🙏🏻💕. Bayi lgsg dikasih ke aku untuk IMD (foto ke-5). Inisasi Menyusu Dini (IMD) adalah kegiatan untuk melakukan kontak kulit ibu dengan kulit bayi segera setelah lahir selama paling sedikit satu jam.

Terima kasih Tuhan untuk proses kelahiran yg cepat dan lancar. Walaupun proses bukaan agak lama, aku bersyukur krn proses mengejannya cepet bgt. Selain katanya ada faktor turunan ‘gampang melahirkan’ dari mamiku, senam hamil juga banyak membantu aku dlm proses mengejan ini.

Terima kasih Tuhan Yesus, papa babay yg selalu setia dampingin dr awal, dan mami yg nemenin aku begadang pas kontraksi lg sakit-sakitnya 😁.

Welcome to the world, my baby, Nicholas.
I love you.
💙

0 comments:

Post a Comment