Thursday, May 28, 2020

MENGATASI BAYI GIGI PUTING





Kalo bayi udah tumbuh gigi, busui pasti takut digigit puting ya kann 😄. Kali ini aku mau share beberapa tips yg aku lakuin dan berhasil. Nicho jaraanggg bgt gigit kecuali kalo dia lg gatel banget banget banget.

Pertama
Jangan berteriak dan tetap tenang.
Biasanya pas bayi gigit puting, reaksi spontan yg kita lakuin adalah berteriak. Sebisa mungkin tahan sakit dan jangan teriak, karena teriakan tersebut bisa menyebabkan 2 hal : 1. Bayi kaget dan trauma, jadi gak mau minum ASI lagi; 2. Bayi senang dan mengira sedang diajak main, jadi akan menggigit terus.

Kedua

Masukkan jari kelingking, lalu keluarkan puting secara perlahan.

Ketiga
Berikan peringatan secara lembut tetapi tegas. Bayi itu pintar. Dia pasti ngerti kok walopun ga langsung nurut 😄.

Keempat
Jika bayi terlihat sudah kenyang, akhiri sesi menyusui.
Jika bayi masih mau menyusu, perhatikan beberapa hal berikut :

▪️Perlekatan

Dengan perlekatan yg benar, jika bayi benar-benar sedang menyusu, ia tidak mungkin menggigit puting karena pada saat menyusu lidah bayi harus berada diantara puting dan gigi. Perlekatan yg salah (misalnya badan bayi terlalu jauh) dapat menyebabkan bayi menggigit puting karena ia kesulitan untuk mengisap ASI.

▪️Susui hanya ketika bayi benar-benar lapar
Biasanya bayi menggigit puting ketika ia sudah kenyang atau aliran ASI kurang deras. Jika aliran ASI kurang deras, pijat payudara sebelum menyusui untuk memperlancar aliran ASI.

▪️Awasi dan perhatikan gerak-geriknya
Dengan selalu memperhatikan gerak-gerik bayi saat menyusu, kita akan tau kapan kira-kira ia akan menggigit, sehingga kita lebih siap menghadapinya dan tidak berteriak 😄

0 comments:

Post a Comment